Pencairan bpjs ketenagakerjaan syarat pencairan bpjs ketenagakerjaan dan tutorial cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan online 2021Pencairan bpjs ketenagakerjaan syarat pencairan bpjs ketenagakerjaan dan tutorial cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan online 2021

Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Lewat Online

BPJS Ketenagakerjaan kini memberikan kemudahan terhadap warga Indonesia yang memegang kartu layanannya. Adanya pandemi memaksa orang untuk menghindari kontak fisik sebisa mungkin. Akhirnya dibukalah layanan online untuk pencairan BPJS Ketenagakerjaan. Kini masyarakat tidak perlu repot untuk antri di cabang terdekat dan bisa mengurus dari smartphone. 

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Dilansir dari Finance Detik, masyarakat bisa mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan asalkan memenuhi persyaratan tertentu. Manfaat, persyaratan yang diperlukan, dan tata caranya dapat Anda lihat berikut berdasarkan informasi yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

  • Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan maka Anda penting memahami manfaat memiliki BPJS jenis ini dahulu. Setiap karyawan yang mendapatkan jenis BPJS ini dapat menerima jaminan kecelakaan kerja. Jaminan yang penting bila terjadi kecelakaan sehubungan dengan pekerjaan yang dijalani.

Jaminan kesehatan yang dimaksud juga termasuk ketika seorang karyawan menjadi sakit akibat lingkungan tempat bekerja. Misalkan saja lingkungan yang menangani solven mudah menguap dan uapnya terhirup karyawan secara konstan meski sudah menggunakan masker khusus. Jika ada karyawan yang pada akhirnya mengalami sakit paru-paru maka akan dilindungi dengan BPJS tersebut.

Jaminan yang diberikan tidak hanya terbatas pada biaya melainkan berkaitan dengan keperluan medis hingga karyawan pulih kembali. Karyawan yang tidak bekerja sementara waktu akibat menderita penyakit juga akan mendapatkan santunan upah. Upah yang dimaksud berupa gaji utuh selama 12 bulan pertama dan 50% untuk bulan-bulan berikutnya hingga sembuh.

Sedangkan jaminan kecelakaan akibat pekerjaan berupa beasiswa pendidikan untuk dua orang anak. Pemberian jaminan diberikan bagi karyawan yang meninggal dunia maupun cacat total sehingga tidak dapat bekerja lagi. Jumlah dana pendidikan yang diberikan maksimal Rp 174 juta. 

  • Syarat Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Tidak semua masyarakat bisa berbondong-bondong mencairkan dana. Terdapat persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi. Bahkan proses pencairan juga tidak bisa sampai 100% karena yang diberlakukan adalah pencairan 10% hingga 30%. Kedua jenis pencairan juga dimintai persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Bagi Anda yang berkeinginan untuk melakukan pencairan perlu menyimak dahulu. Persyaratan dan ketentuan ini berlaku untuk BPJS Ketenagakerjaan 2021. Cara pencairan BPJS ketenagakerjaan untuk besaran dana 10% yakni kartu peserta BPJAMSOSTEK, KTP, Kartu Keluarga, Buku Tabungan, Surat keterangan  masih aktif bekerja atau surat pemberhentian bekerja, dan NPWP (bagi yang punya).

Selain memberikan layanan pencairan dana 10%, BPJS juga memberikan pencairan sebesar 30% saldo  yang dapat dipakai sebagai bantuan uang muka rumah. Seluruh persyaratan untuk mencairkannya adalah Kartu Peserta BPJAMSOSTEK, E-KTP, Kartu Keluarga, Buku Tabungan, Surat keterangan aktif bekerja atau surat pemberhentian bekerja, serta NPWP bagi yang memiliki.

Berdasarkan Tribunnews, BPJS juga mengabarkan memberikan blt yang besarnya Rp 1 juta. Orang yang hendak melakukan pencairan blt BPJS dapat mengecek melalui online di website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Di sisi lain, BPJS jenis ini juga memberikan jaminan kematian maupun hari tua. Jaminan kematian akan diberikan kepada ahli waris yang kematiannya bukan disebabkan oleh kecelakaan kerja.

Besarnya jaminan kematian tersebut mencapai Rp 12 juta dan Rp 10 juta untuk pembiayaan pemakaman. Lalu pada masa tua, BPJS Ketenagakerjaan juga akan memberikan uang tunai yang besarnya sesuai dengan nilai total iuran dikombinasikan dengan pengembangan bunga deposito. Seluruh jaminan pensiun akan dibayarkan sekaligus ketika menginjak usia 56 tahun.

  • Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online

Pencairan BPJS Ketenagakerjaan secara online memiliki alur khusus. Anda hanya perlu mengikuti seluruh rangkaian alurnya dan paling pertama adalah membuka websitenya. Alamat dari website yakni antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id. Bisa juga dilakukan melalui aplikasi BPJSTKU. Usahakan sudah mempersiapkan seluruh syarat dan ketentuan yang sudah disebutkan tadi.

Pilih “Berikutnya” dan isi seluruh data yang ditanyakan seperti sebab klaim & dokumen, serta konfirmasi terhadap data yang diajukan. Dokumen yang dikirim akan dilakukan verifikasi dahulu oleh petugas. Seluruh informasi mengenai pengajuan akan diberitahukan melalui email, WhatsApp, dan nomor HP.

Sisanya Anda hanya perlu untuk menunggu pencairan dana. Tracking klaim bisa dilakukan melalui situs resmi dari BPJS Ketenagakerjaan juga.