Cara cek npwp aktif atau tidak dengan cara mengetahui npwp aktif atau tidak tanpa aplikasi 2021Cara cek npwp aktif atau tidak dengan cara mengetahui npwp aktif atau tidak tanpa aplikasi 2021

Beberapa Rekomendasi Cara Cek NPWP Aktif Atau Tidak

NPWP adalah sebuah nomor yang menjadi salah satu identitas seorang wajib pajak di Indonesia. Nomor ini nantinya akan dimiliki oleh setiap orang di Indonesia, akan tetapi saat ini nomor ini hanya dimiliki oleh mereka yang mendaftar. Ketika kamu sudah memiliki NPWP, akan tetapi tidak yakin bahwa nomor ini masih aktif kamu bisa mengeceknya dengan cara cek NPWP aktif atau tidak berikut ini . 

Manfaat memiliki NPWP aktif 

Pajak adalah salah satu hal yang wajib dibayarkan. Akan tetapi tidak semua orang memiliki nomor pajak. Padahal sesungguhnya memiliki nomor pajak yang aktif akan memberikan banyak keuntungan. Selain untuk cek NPWP aktif atau tidak, dalam ulasan kali ini kami juga akan membahas mengenai beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika memiliki nomor wajib pajak yang aktif. 

  • Memudahkan pengurusan kegiatan administrasi perpajakan 

Sebuah usaha akan lebih dipercaya ketika pemiliknya memiliki NPWP yang aktif. Mengapa? Karena dalam usaha hal-hal yang berhubungan dengan standarisasi dan legalisasi akan membutuhkan NPWP. Contohnya ketika seseorang akan mendaftarkan BPOM untuk produk makanannya, mereka akan membutuhkan NPWP untuk memasukkan berkas. Jadi jika tidak punya NPWP akan sulit untuk mendapatkan nomor izin dari BPOM ini. 

  • Membayar pajak lebih rendah

Seperti disebutkan sebelumnya, pajak merupakan beban yang harus dibayarkan oleh tiap warga negara Indonesia. Misalnya pajak bumi dan bangunan tempat kamu mendirikan rumah adalah pajak yang mau tidak mau harus dibayarkan. 

Kamu tetap harus membayar pajak bumi dan bangunan meski kamu tidak memiliki NPWP. Akan tetapi kamu mungkin akan bisa membayar pajak dengan lebih murah jika kamu memiliki NPWP. Inilah yang membuat cara cek NPWP masih aktif atau tidak sangat penting untuk kamu ketahui guna memastikan NPWP kamu tetap menguntungkan. 

  • Mendapatkan hak sebagai wajib pajak 

Selain hal-hal di atas, jika kamu tahu bagaimana cara cek NPWP masih aktif atau tidak, kamu bisa mendapatkan keuntungan lain berupa pemenuhan hak-hak lain yang bisa kamu dapatkan sebagai wajib pajak. Ada banyak sekali lho yang bisa dipermudah dengan menggunakan NPWP, jadi pastikan cara cek NPWP aktif atau tidak di bawah ini kamu perhatikan dengan seksama. 

cara mengetahui NPWP aktif atau tidak 

nah, di atas kita sudah jelaskan mengenai apa yang akan kamu dapatkan jika memiliki NPWP aktif bukan? Nah, kini kamu juga harus tahu bagaimana cara melihat status NPWP kamu. Apakah aktif atau tidak. Untuk memastikan apakah NPWP kamu aktif atau tidak, kamu bisa lakukan cara berikut ini. 

  • cara offline 

salah satu cara melihat NPWP aktif atau tidak bisa dilakukan dengan cara offline atau dengan cara manual. Untuk melakukan pengecekan NPWP dengan cara offline ini, kamu bisa melakukannya dengan langsung mendatangi dirjen pajak. 

selain mendatangi dirjen pajak, kamu juga bisa lho menghubungi 1500200 untuk menanyakan apakah NPWP kamu aktif atau tidak. Nomor telepon ini adalah nomor telepon dari dirjen pajak yang disebut dengan Kring Pajak. Menariknya kamu bisa menghubungi nomor ini kapan pun kamu mau. 

Nah, untuk menggunakan cara offline ini, kamu akan membutuhkan KTP yang sesuai dengan NPWP kamu. Ini adalah syarat untuk bisa melakukan pengecekan NPWP kamu. 

  • Cara online

Jika kamu tidak mau repot. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pengecekan pajak adalah dengan melakukan pengecekan dengan cara online. Cara online ini tentu saja lebih murah. Di tahun 2021 ini, pengecekan NPWP memang lebih mudah untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena kamu hanya perlu mengunjungi halaman website ereg.pajak.go.id. 

Setelah menghubungi website ini, kamu bisa melihat apakah nomor NPWP kamu masih aktif atau tidak dengan mengisi kolom NPWP. Pastikan kamu mengisi nomor ini dengan tepat. Jika sudah kamu bisa mendapatkan informasi mengenai aktif tidaknya nomor NPWP kamu sesegera mungkin setelah nomor tersebut dimasukkan. 

Dibandingkan dengan cara offline, cara cek NPWP aktif atau tidak secara online ini memang lebih mudah dan lebih hemat tenaga. Bisa kamu lakukan kapan saja dan tidak terpaku dengan pelayanan yang diberikan oleh ditjen pajak.