Дървен материал от www.emsien3.com

The best bookmaker bet365

The best bookmaker bet365

Menu
RSS
The First River of Eden!

The First River of Eden!

  While most people...

Rais Aam: NU Mengayomi Semua Umat

Rais Aam: NU Mengayomi Semua Umat

GARUT - Pejabat Rais...

Dalai Lama: Rahasia Panjang Umur Ada Dalam Kepala

Dalai Lama: Rahasia Panjang Umur Ad…

{flike}IRLANDIA - Nu...

7

7

Kami tolak hukum ada...

Wanimbo Akui Wartawan Prancis Ingin Kunjungi Markas OPM di Pirime

Wanimbo Akui Wartawan Prancis Ingin…

  WAMENA - Panglima...

Hatta Umumkan Capres Setelah Pileg

Hatta Umumkan Capres Setelah Pileg

CILACAP - Ketua Umum...

Paus Fransiskus Larang Anak Pegang HP di Kamar Tidur

Paus Fransiskus Larang Anak Pegang …

Pasu Fransiskus kemb...

Buku Yoman Dijual Diam-Diam

Buku Yoman Dijual Diam-Diam

{flike}HOLANDIA - Ho...

Kotouki Diselamatkan Lumba-Lumba Sampai Di Malaysia, Ini Kisahnya (2/Habis)

Kotouki Diselamatkan Lumba-Lumba Sa…

WAROPEN - Pada edisi...

Prev Next

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player
A+ A A-

Hari Noken, Ngurah Memberi Materi Etnografi Papua dan Penelitian Pembebasan

I Ngurah Suryawan: "Kata-kata dalam tulisan lebih berbahaya daripada kata-kata hanya di mulut saja. Sebagai generasi muda Papua harus bangkit dan melawan juga melalui tulisan. Perjuangan hidup tidak hanya dilakukan melalui aksi-aksi dan kata-kata di bibir saja, tetapi harus juga melalui tulisan". Foto: Timipotu.com I Ngurah Suryawan: "Kata-kata dalam tulisan lebih berbahaya daripada kata-kata hanya di mulut saja. Sebagai generasi muda Papua harus bangkit dan melawan juga melalui tulisan. Perjuangan hidup tidak hanya dilakukan melalui aksi-aksi dan kata-kata di bibir saja, tetapi harus juga melalui tulisan". Foto: Timipotu.com

PERAYAAN Hari Noken sedunia yang tepatnya jatuh pada tanggal 4 Desember digelar dengan berbagai bentuk. Ada yang mengiriman ucapan selamat lewat SMS, wall facebook, dan ada pula dengan gendong noken dan berfoto ria.

Di Jogya, mahasiswa Deiyai tidak berlibur. Mereka justru memilih menggelar workshop dengan thema: Etnografi Papua dan Penelitian Pembebasan.

Workshop ini dihadiri oleh pemateri utama, I Ngurah Suryawan, selaku Dosen UNIKA Papua Barat yang sedang melanjutkan S-3 di Universitas Gaja Mada (UGM) Yogyakarta.

Dilansir Timipotu.com, Donatus B Mote melaporkan, kegiatan workshop ini berlangsung sederhana namun mendalam dan berguna bagi peserta. Apalagi pemateri ialah seorang antropolog Bali yang menulis banyak buku tentang Papua.

Mote melaporkan, ada beberapa point penting yang disajikan Ngurah dalam workshop tersebut. Diantaranya adalah bagaimana menulis dengan gaya Papua tetapi berguna dan membebaskan.

"Kata-kata dalam tulisan lebih berbahaya daripada kata-kata hanya di mulut saja. Sebagai generasi muda Papua harus bangkit dan melawan juga melalui tulisan. Perjuangan hidup tidak hanya dilakukan melalui aksi-aksi dan kata-kata di bibir saja, tetapi harus juga melalui tulisan", demikian terang Suryawan sebagaimana dilaporkan Mote di Timipotu.com.
 

Menurut Mote, Suryawan juga menjelaskan bagaimana teknik mengumpulkan data dan teknik menulis. Selain itu, dia juga mengatakan, dalam penulisan harus dapat memposisikan diri agar penulisan jelas. Sebagai pelajar dan mahasiswa Papua, perlu mengetahui buku-buku tentang Papua yang pernah dituliskan oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan, ada buku yang ditulis oleh Negara dengan karakter mereka, perusahan dengan kepentingan mereka, dan juga dari masyarakat sesuai dengan kenyataan dan harapan masyarakat sendiri.

Dalam sesi tanya jawab yang dibuka, Suryawan memberikan apresiasi kepada pelajar dan mahasiswa Deiyai Yogyakarta yang sudah berusaha dan berlatih menulis sampai sudah menghadirkan edisi buletin “Woogada Wookebada yang kelima.
 
"Saya tetap akan mendukung dalam edisi-edisi selanjutnya melalui tulisan, materi maupun dalam distirbusinya. Oleh sebab itu, adik-adik pelajar dan mahasiswa tetap semangat untuk menulis sebab Papua akan berubah setelah suara tulisan eksis dalam publik", demikian Ngurah dalam Workshop yang digelar mahasiswa Deiyei tersebut. (ist)

back to top

__Topik-Topik Pilihan__ Patut Dibaca;;;