Error
  • JFolder: :files: Path is not a folder. Path: /home/swarapap/public_html/images/myphotos
Notice
  • There was a problem rendering your image gallery. Please make sure that the folder you are using in the Simple Image Gallery Pro plugin tags exists and contains valid image files. The plugin could not locate the folder: images/myphotos

Дървен материал от www.emsien3.com

The best bookmaker bet365

The best bookmaker bet365

Menu
RSS
Romo Benny Susetyo: Perang Gaza Akibat Janji Inggris yang Belum Ditepati

Romo Benny Susetyo: Perang Gaza Aki…

JAKARTA - Setelah se...

Mencari Hilangnya Kisah Taman Eden di Tanah Papua

Mencari Hilangnya Kisah Taman Eden …

KISAH TAMAN EDEN dit...

Kisah Auki (5/Habis): Ini Pesan Terakhir

Kisah Auki (5/Habis): Ini Pesan Ter…

Auki ialah manusia p...

Bupati Tabuni Gagal Membangun Intan Jaya?

Bupati Tabuni Gagal Membangun Intan…

Pada dasarnya bupati...

Heve long Nauru Palamen i gohet yet

Heve long Nauru Palamen i gohet yet

{flike}PNG - Palamen...

Minta Referendum, Mahasiswa Papua Tolak Pemekaran dan Transmigrasi

Minta Referendum, Mahasiswa Papua T…

MAHASISWA PAPUA yang...

Paus Kecam "Kebobrokan" di Vatikan

Paus Kecam "Kebobrokan" d…

{flike}Paus Fransisk...

Kotouki Diselamatkan Lumba-Lumba Sampai Di Malaysia, Ini Kisahnya (1)

Kotouki Diselamatkan Lumba-Lumba Sa…

Pernahkah anda mende...

Ambrosius Degey:  Ingin Mewakili Rakyat LSM (1)

Ambrosius Degey: Ingin Mewakili Ra…

NABIRE - Direktur Ya...

Suara Adzan Siap Menggema di Vatikan

Suara Adzan Siap Menggema di Vatika…

TIMUR TENGAH - Untuk...

Prev Next

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player
A+ A A-

Andy Ayamiseba Share Lagu Vince Gill Untuk Kenang Mimi Fatahan

Manager Black Brothers, Andy Ayamiseba bersama keluarganya. Foto: Dok Andy / Facebook. Manager Black Brothers, Andy Ayamiseba bersama keluarganya. Foto: Dok Andy / Facebook.

VANUATU - Sabtu (12/07) pagi, ketika SP sedang buka Facebook, di beranda depan muncul sharing bapak Andy Ayamiseba. Ditulisnya:"Untuk mengenang kaka terkasih Almarhum Mimi Fatahan" lalu dibawahnya pak Andy share link youtube (klik disini). Setelah kami klik, muncul disana lagu "Together Again" karya Buck Owens.

Lagu tersebut enak didengar, terutama karena dinyanyikan oleh artis top Country Vince Gill dan Paul Franklin. Sebelum bernyanyi, Vince Gill sempat memberikan kata sambutan terhadap lagu yang akan dinyanyikannya. Luar biasa dan seru. Sherring pak Andy Ayamiseba itu "disukai/like" oleh David Black Brothers, Messi Deto, Pustaka Anak Papua, Lily Watory, FC Mambrasar, Daniel Tabuni dan 40-an orang lebih.

Andy juga sempat sharing beberapa lagu lain untuk mengenang anak buahnya August Rumwaropen dengan menampilkan lagu Vince Gill (klik disini).

Untuk mengetahui siapa itu Mimi Fatahan dan August Rumwaropen, kami sempat cari foto atau informasi tambahan mengenai kedua tokoh “penharum” jati diri dan eksistensi orang Papua ini. Di Google tidak ada, dan mungkin di facebook pasti ada, tapi anda pun tahu, mesin pencarian facebook hanya jago untuk mencari nama orang, grup dan halaman.

Akhirnya, kami teringat akan buku yang dulu pernah diberikan oleh Olaf Pedro (Olaf Ronsunbre) berjudul Menelusuri Jejak Langkah Sang Lagenda Black Brothers. Nah, dalam buku yang ditulis dalam gaya bahasa puitis ini, penulis Olaf Pedro bersama dua rekannya, Igir M. Al Qatiri dan Charles Toto menulis sejarah perjalanan Black Brothers secara lengkap dan sistematis.

Halaman 2 sampai 9, kami menemukan sejarah hidup atau biografi Mimi Fatahan. Memang luar biasa kepada Olaf dan rekan-rekannya yang telah mendata kembali dokumen hidup Mimi Fatahan yang hamper tertelan jaman.

Sedangkan riwayat hidup August Rumwaropen dapat dibaca di halaman 43-45. Ditulis dalam judul, Asal Muasal Sejarah Black Papas dan Coconuts Band Sampai Blak List.

Mimi Fatahan

Mimi Fatahan ialah sosok musisi orang Papua pertama kali mampu memainkan music modern. Mulai dari petikan Hawaian, Drum, Timbalis, Keybord hingga gitar Akustik, ia mampu memainkan semua. Beberapa lagupun ia ciptakan, seperti “selamat malam untuk semua”, “Senja di Youtefa” dll.

Pada waktu itu, tahun 1950, Mimi Fatahan sudah muncul di panggung bersama musisi-musisi orang Belanda. Ia punya kemampuan menyesuaikan diri dan memiliki ciri khas dalam bernyanyi.  Sering-sering ia dipanggil untuk bernyanyi di Radio-Radio Belanda yang ada di Biak, Holandia (Jayapura) dan Sarmi.

Mengikuti Mimi Fatahan, muncul pula Samuel Auparai. Penyanyi asal kota “cinta” Serui itu paling banyak dengar suaranya di Radio milik Belanda di Biak. Lagu yang sempat dicatat Olaf Pedro dan kawan-kawan adalah berjudul “Papua New Guinea Tanahku yang Permai”.

Di tahun-tahun berikut, dengan segudang pengalamanyang dimiliki Mimi Fatahan, ia mendirikan grup music beraliran Hawaian. Grup itu diberi nama “Naramson Boys” di Sarmi. Personilnya antara lain Thahir Mainatu, Yermias Wertawar, Alfares Dimo, dan Nian Wersiwertawar.

Lewat kreasi kelompok ini pula, kemudian Mimi Fatahan menciptakan Yospan Lemon Nipis, yang sekarang semakin dilupakan generasi Papua.

Mimi Fatahan sendiri berasal dari turunan Ternate Tidore (dari kakek Adam Bin Fatah),  kemudian dari Sarmi masuk Kristen, sehingga marga Fatah ditambah han menjadi Fatahan. Mimi Fatahan pada saat kecil sudah mendapat berkat khusus dari  Pdt Isack Samuel Kijne. Dan nama Baptis Mimi ialah Isak Samuel Fatahan.

Tahun 1959, Mimi Fatahan bergabung dengan grup band Hawaian terkenal di Jayapura waktu itu, Gagak Hitam. Mimi juga  rajin bermain di “Blue Boys” yang beraliran “pop rock”. Tahun 1960, Blue Boys berganti nama menjadi “Sombar Hitam”, kemudian menjadi “Aitumeri” dan tahun 1970, Aitumeri menjadi “Los Iriantos Primitif”. Nama ini berbau Spanyol, karena beberapa lagu yang kerap dinyanyikan berbahasa Spanyola.

Cikal bakal Black Brothers yang sampai sekarang kita kenal ini bermula dari perjuangan sang ayah, Mimi Fatahan. Ia bagaikan hulu sungai Mamberamo, hulu sungai Digul yang mengalirkan nada dan pekikan music Hawaian yang menyejukan, menentramkan, menginspirasi bagi seniman-seniman berikutnya seperti Andy Ayamiseba, Arnold Clemens Ap, Ricky Hay, Frans Putih dan tentunya Personil Black Brothers.

Sayangnya, dihalaman 9 buku hitam karya Olaf dkk ini, dikisahkan bahwa, Mimi Fatahan menghilang tidak tahu entah dimana. “Mimi Fatahan adalah salah satu korban yang tergusur diatas tanah moyangnya sendiri, Papua. Ia dihantam oleh Badai Orde Baru yang ganas”.

August Rumwaropen

Siapa itu August Rumwaropen? Ialah seorang pemain melody orang Papua yang handal. Ia mampu memainkan semua jenis melody, dan justru karena kemampuannya itu, ia bisa mengiringi semua jenis lagu tradisional Papua.

Dengan membaca kisah August Rumwaropen, dari situ kita bisa mengenal siapa itu sosok Andy Ayamiseba. August ialah pasukan kedua yang disiapkan Andy Ayamiseba dari empat grup musik yang dimenajerinya.

Kata Olaf dalam buku itu, karena begitu banyak seniman yang muncul di era tahun 1970-an, maka Andy membentuk empat grup music. Kelompok pertama bernama Black Brothers. Kelompok ini terlebih dahulu masuk dapur rekaman. Kelompok kedua bernama, Black Papas. Kelompok ketiga bernama Coconut Band dan kelompok terakhir bernama Black List.

Personil Musik Black Brothers: Hengky Mironthoneng Sumanty, Yochy Pattipeiluhu, Benny Bettay, Stevie Mambor, Amry M Kahar, dan David Rumagesang.

Personil Black Papas: Bert Hurulean, Berth Waum, Sandy Betay (Vokal merangkap bas), Max Siahaya. (Max Siahaya ialah seorang mahasiswa dari Papua yang bergabung ke Black Papas di Jakarta. Ia berperan sebagai pemain Keyboard).

Personil Coconuts Band: Augustinus Rumwaropen, Agabus Rumwaropen, Ringgo Kadmairubun, dan Jimmy Tumahu.

Personil Black List: Augustinus Rumwaropen, Agabus Rumwaropen, Ringgo Kadmairubun, dan Jimmy Tumahu.

Kisah August bergabung dengan group utama Black Brother  berawal dari pertengkaran yang terjadi antara Hengky MS dan David Rumagesang. Dikisahkan, Hengky keluar dari grup Black Brothers (walau kemudian ikut bergabung ke PNG) dan Rumagesang karena sering berurusan dengan polisi, maka orang tua memanggil kembali ke Sorong Papua.

Nah, karena tidak ada personil Lead Guitar  atau pemain Melody, maka Andy gantikan posisi Hengky dengan August Rumwaropen. Di posisi saxophone, Rumagesang digantikan oleh Amry Kahar. Sedangkan posisi Amry yang sebelumnya main terompet, digantikan oleh Iskandar dan Karim Assor.

Tangan Dingin Andy Ayamiseba

Siapapun tidak akan menyangka, pada jaman dulu di Papua, ada orang yang dengan senang hati mau membina dan mengangkat potensi-potensi Papua di panggung Nasional dan Internasional. Lalu, orang itu bukan orang Belanda atau Australia, tetapi dia adalah putra terbaik Papua, namanya Andy Ayamiseba.

Pada jaman sekarang, tidak banyak orang Papua yang dengan senang hati mau menggandeng orang Papua lain untuk berbuat sesuatu yang istimewa bagi negeri Papua. Apakah karena terlena dengan dana-dana Otsus yang melimpah atau karena terhimpit didalamnya!

Mungkin di Papua kita bisa hitung dengan jari, orang Papua yang mau berdiri membantu dan membangun orang Papua lain. Mulai dari dua anak buah Pdt Is Kijne, Petrus Kafiar dan Timotius Awendu di Mansinam Manokwari, 1855-1900. Mereka menjadi guru pertama orang Papua. Ada juga Auki Tekege, Zakheus Pakage dan Ikoko Nokuwo di Paniai, 1932-1957. Kemudian muncul  Lukas Karl Degey yang tanpa pamrih bina generasi Papua tanpa pandang asal di KP3 Jayapura, 1982-1998. Dan masih banyak lain yang belum terdata.

Tangan dingin Andy Ayamiseba memang menjadi nyata. Ia berjuang bagaimana mendapat dana melalui usahanya di Jayapura. Dengan modal usahanya, ia mampu mengkaderkan seniman-seniman Papua bisa masuk dapur rekaman tanpa music-musik program. Mereka main sendiri, ciptakan lagu sendiri, dan membuat konser-konser music secara swadaya.

Semoga ada yang mengikuti jejak bapak Andy Ayamiseba. Bagi anda penggemar musik Blak Brothers, kami lampirkan tiga nomor lagu Blak Brothers yang dibawakan sekitar tahun 1976-1977. Semoga.

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player

In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player


back to top

__Topik-Topik Pilihan__ Patut Dibaca;;;