Logo
Print this page

Dalai Lama : Tidak Masalah Dengan Pernikahan Sejenis

Dalai Lama menjawab, 'Itu tergantung dengan hukum negara masing-masing'. Tetapi ketika Larry bertanya dengan tegas 'Apa yang Anda rasakan secara pribadi tentang hal ini?', pria bernama asli Tenzin Gyatso itu menjawab, 'Tidak masalah! Saya pikir itu urusan masing-masing'. Dalai Lama menjawab, 'Itu tergantung dengan hukum negara masing-masing'. Tetapi ketika Larry bertanya dengan tegas 'Apa yang Anda rasakan secara pribadi tentang hal ini?', pria bernama asli Tenzin Gyatso itu menjawab, 'Tidak masalah! Saya pikir itu urusan masing-masing'.

TIBET - Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama baru-baru ini menyuarakan mendukung kesetaraan perkawinan selama wawancara dengan Larry King di acara Larry King Now. Dia mengatakan dirinya tidak masalah dengan perkawinan sesama jenis.

Meskipun dia telah mengacu pada naskah-naskah Buddhisme tentang pelarangan keintiman seks sesama jenis di masa lalu, tapi pandangannya tentang isu itu tampaknya telah berevolusi selama bertahun-tahun. Ini adalah penegasan terang-terangan dari pemimpin Buddha terkait pernikahan sesama jenis sampai saat ini, seperti dilansir situs the Huffington Post, Jumat (7/3).

Setelah berbicara tentang pelanggaran hak asasi manusia berkaitan dengan kaum LGBT (Lesbian, Biseksual, Gay dan Transgender), terutama di Rusia, Larry King bertanya kepada Dalai Lama, 'Bagaimana tentang perkawinan sesama jenis?'.

Dalai Lama menjawab, 'Itu tergantung dengan hukum negara masing-masing'. Tetapi ketika Larry bertanya dengan tegas 'Apa yang Anda rasakan secara pribadi tentang hal ini?', pria bernama asli Tenzin Gyatso itu menjawab, 'Tidak masalah! Saya pikir itu urusan masing-masing'.

"Jika dua orang, sepasang, benar-benar merasakan hal seperti itu, merasakan manfaat, banyak kepuasan, dan kedua belah pihak sepenuhnya setuju, maka tidak masalah!" kata Dalai Lama.

Sebelumnya, Dalai Lama ke-14 itu mendorong orang untuk mengikuti tradisi keagamaan mereka sendiri, dan untuk menghindari 'pelecehan seksual'.

Institute of Touyelogy