Now Reading
Danau-Danau Di Papua Tidak Pernah Dikelolah Dengan Baik
0

Danau Bisa Sejahterahkan Rakyat dan Daerah

Menurut Jhon, di Papua sudah ada 10 danau yang diketahui, tidak terhitung yang di Negara Papua New Guinea. Namun karena tidak ditangani serius, maka, sering kali Danau-Danau tersebut meluap dan menyebabkan korban jiwa dan harta benda.

John Gobay

Senator Adat Papua, John Gobay kembali berkomentar, danau-danau di Papua memiliki keindahan tersendiri, tetapi keindahan yang dimiliki, cuma danau Sentani yang selama ini diperhatikan dengan baik oleh masyarakat dan juga oleh pemerintah Kabupaten Jayapura. Seandainya kalau diperhatikan serius seperti itu, pasti member keuntungan besar bagi masyarakat yang hidup dipinggiran danau dan juga income bagi PAD Daerah.

Menurut Jhon, di Papua sudah ada 10 danau yang diketahui, tidak terhitung yang di Negara Papua New Guinea. Namun karena tidak ditangani serius, maka, sering kali Danau-Danau tersebut meluap dan menyebabkan korban jiwa dan harta benda.

Lewat press release yang dikirim ke media ini, John menghimbau agar perlindungan dan pengembangan danau-danau di Papua perlu dilakukan secara terus-menerus dan terpadu dari semua komponen masyarakat, dinas-badan terkait agar danau-danau tersebut terlihat indah, bisa dijadikan tempat rekreasi pariwisata dan pusat pemancingan.

Tulis John, program utama yang perlu dilakukan adalah, rekonstruksi yaitu dengan langkah pemulihan dengan mengembalikan suatu tempat semirip mungkin dengan keadaan semula, dengan menggunakan bahan lama ataupun bahan yang baru. Hal ini dilakukan dengan melalukan penelitian kualitas air danau, pembersihan danau dari ecenggondok.

Sejalan dengan itu, maka yang bisa dilakukan adalah dengan menanam kembali pohon-pohon asli serta mendata kembali tanaman dan biota-biota endemik dalam danau. Jika telah berkurang maka harus dimulai dengan melakukan pengembangbiakan, agar kemudian tanaman-tanaman ini akan menjadi komoditi unggulan.

“Biota biota endemik dalam danau diyakini akan menciptakan keseimbangan alam contohnya ikan heu di danau sentani, yang diyakini oleh masyarakat adat sentani dapat membersihkan air danau Sentani sehingga layak dikonsumsi”, tulis Jhon.

Hal lain yang bisa dilakukan, tulis John adalah dengan melakukan adaptasi atau revitalisasi pengubahan suatu tempat agar dapat digunakan untuk fungsi yang lebih sesuai dalam hal kegunaannya, tanpa perubahan drastis atau hanya sedikir melakukan perubahan dengan dampak yang minimal.

“Dalam kaitan dengan perlindungan danau-danau di Papua dilakukan revitalisasi, dengan pemanfaatan kawasan danau sebagai kawasan budidaya ikan, pariwisata, jasa lingkungan, hasil hutan bukan kayu dan budidaya tanaman tanaman endemic. Danau juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan ekonomi keluarga seperti keramba ikan. Dan hal yang lebih penting dan utama adalah pengembangan wisata alam dipinggiran danau. Perlu dijaga secara kontinyu agar manusia sebagai pengguna tidak plastic dan sampah lain  didalam danau. Termasuk pembuangan oli motor Yongsong yang sering mematikan biota danau”, tulis John.

Kata John, dalam kata-kata penutup, dalam rangka perlindungan dan pengembangan danau di Papua perlu disusun sebuah regulasi daerah tentang Perlindungan dan Pengembangan Danau di Provinsi Papua.  (n)

36502total visits,4visits today

Leave a Response