Now Reading
Ini Pesan Singkat Dewan Gereja Sedunia Kepada Bangsa Papua
0

Dewan Gereja-gereja se-Dunia (DGD) atau yang lebih dikenal Word Council of Churches (WCC) mengunjungi Papua untuk yang kedua kalinya.  Kunjungan ini diketuai langsung oleh Sekretaris Jendralnya WCC asal Norwegia, Pendeta Olav F. Tveit dan langsung menuju Nduga yang baru saja dilanda musibah atau tragedi kemanusiaan dengan korban jiwa yang tidak sedikit.

Kesimpulan hasil kunjungan WCC di Nduga telah disampaikan kepada Ketua Persekutuam Gereja-Gereja Baptis di Papua (PGBP) Pendeta Socrates C. Yoman dan berikut kutipannya.

“Kami utusan Dewan Gereja Sedunia (WCC) datang di sini mewakili dari 140 Negara anggota Dewan Gereja Sedunia. Tujuan kami ialah untuk mendengar dari Anda sekalian, melihat langsung dan mempelajari keadaan umat Tuhan di West Papua.”

“Setelah 20 tahun, utusan WCC berkunjung lagi ke West Papua. Ternyata keadaan rakyat di West Papua tidak ada perubahan dan keadaannya sama seperti 20 tahun lalu. Bahkan keadaan rakyat West Papua semakin buruk dan sangat memprihatikan. Keadaan ini tidak bisa dibiarkan.”

“Sekarang kami (WCC) sudah dengar, sudah melihat dan sudah belajar dari Anda semua dan keadaan yang buruk di sini. Sudah waktunya suara Anda perlu didengarkan oleh komunitas internasional.”

“Selama ini kami mendengar informasi dan menerima dari berbagai laporan tentang keadaan di West Papua ternyata semua laporan itu benar dan dapat dipercaya. Karena itu, kami semakin kuat untuk bersuara kepada siapa saja tentang kejahatan-kejahatan kemanusiaan dan ketidakadilan yang dilakukan pemerintah Indonesia terhadap Orang Asli Papua.”

“Kami sedih dan sangat prihatin melihat keadaan Penduduk Asli West Papua yang sangat buruk dan tidak ada kemajuan dan perbaikan ke arah yang lebih baik.Kejahatan kemanusiaan, kejahatan ekonomi, gizi buruk, pendidikan yang buruk, penduduk asli terpinggirkan di atas tanah mereka, bertambahnya penduduk migran sangat membahayakan masa depan penduduk asli.”

“Kami akan pulang dan kembali ke Negara kami masing-masing. Kami akan laporkan apa yang kami dengar, kami lihat dan kami belajar di West Papua di sini kepada Gereja-gereja kami, pemerintah kami, dan kepada siapa saja supaya suara Anda didengarkan. Kami tetap berdoa dan berdiri bersama rakyat West Papua. Anda berdoa untuk kami juga.”

“Kami utusan Dewan Gereja Sedunia (WCC) datang di sini mewakili dari 140 Negara anggota Dewan Gereja Sedunia. Tujuan kami ialah untuk mendengar dari Anda sekalian, melihat langsung dan mempelajari keadaan umat Tuhan di West Papua.”

Sekedar diketahui, Dewan Gereja-gereja se-Dunia dalam bahasa Inggris dinamai World Council of Churches (WCC). Dalam bahasa Prancis disebut Conseil œcuménique des Églises. Dalam bahasa Jerman dinamai Ökumenische Rat der Kirchen. Dalam bahasa Spanyol: Consejo Mundial de Iglesias adalah organisasi perhimpunan antar gereja yang didirikan pada tahun 1948.

Tujuan utama didirikan Dewan Gereja Gereja se-Dunia adalah untuk membentuk kesatuan di antara umat Kristen.

Keanggotaannya termasuk Komuni Anglikan, Gereja Asiria Timur, sebagian besar dari yurisdiksi Gereja Ortodoks Timur, Gereja Katolik Lama, Gereja Ortodoks Oriental, sebagian besar dari gereja-gereja Protestan arus utama (seperti Gereja Lutheran, Gereja Menonit, Gereja Methodist, Gereja Moravia dan Gereja Reformed atau Gereja Calvinist) dan beberapa gereja-gereja Protestan aliran Injili (seperti Gereja Baptis dan Gereja Pentakosta).

Secara khusus, Gereja Katolik tidak pernah menjadi anggota Dewan Gereja-gereja se-Dunia, namun secara aktif berpartisipasi dalam gerakan ekumenis dengan cara yang berbeda.

Dewan Gereja Dunia muncul dari gerakan ekumenis dan memiliki dasar dengan sebuah pernyataan, yaitu Dewan Gereja Dunia adalah sebuah persekutuan gereja-gereja yang mengakui Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat sesuai dengan Alkitab, dan berusaha untuk memenuhi panggilan bersama untuk kemuliaan kepada Allah yang satu: Bapa, Anak dan Roh Kudus.

Dewan Gereja Dunia saat ini memiliki anggota berjumlah 348 anggota dari berbagai denominasi di seluruh dunia. Berpusat di Gedung Ecumenical Centre di Jenewa, Swiss.

Daftar Keanggotaan Dewan Gereja-Gereja se-Dunia

4788total visits,1visits today

Leave a Response