Now Reading
Tanah Harus Dilindungi
0

Tanah Harus Dilindungi

by adminDecember 29, 2018

Oleh: John Gobai*

Pemilik tanah di kota sudah dan sedang tersingkir dari tanah adatnya. Tanah mereka telah diambil untuk pembangunan pemukiman perkotaan dan perkantoran oleh pemerintah. Tanah mereka juga telah diambil untuk menjadi markas – markas militer, bahkan telah menjadi kompleks-kompleks misi, dan selebihnya dibeli oleh kaum imigran. Sedangkan di luar perkotaan hingga hutan belantara, kawasan yang berstatus APL justru dikuasakan kepada pemilik HGU Perkebunan Sawit, HPH dan lain sebagainya. Sudah hampir tidak ada yang tersisa, kecuali di gunung-gunung terjal.

Kini menjadi sebuah kebutuhan bagi kita semua untuk memikirkan adanya Kawasan Tanah Lindung bagi masyarakat pemilik tanah di daerah perkotaan. Kawasan ini harus ditetapkan untuk tidak diperjual-belikan kepada siapa pun. Jika kawasan ini telah dimiliki oleh pihak lain maka, harus diklaim kembali oleh pemerintah dan dikembalikan kepada pemilik hak tanah. Di kawasan ini semua tanaman harus terus dipelihara dan dibudidayakan agar masyarakat terus mendapat penghidupan dari kawasan tersebut. Misalnya, kalau pada lokasi itu ada dusun sagu, maka biarlah tetap dipelihara sebagai dusun sagu, agar masyarakat ini terus hidup dan menggantungkan hidup dari kawasan ini.

Dalam pengamatan saya, pemilik tanah dikota sulit bersaing dengan kaum migran, pemilik tanah dilemahkan terus karena akses pasar hanya dikuasai oleh kaum migran, pemilik tanah juga kadang disisihkan dengan dukungan oknum aparat keamanan oleh karena menjadi tugas penguasa dalam hal ini pemerintah dan lembaga legislative untuk membuat regulasi untuk memproteksi kawasan tanah lindung yang paten tidak boleh dan tidak dapat dirubah, kemudian kawasan ini harus terakomodir dalam Tata Ruang Kota/Kabupaten.

Oleh karena itu, menurut hemat saya, Kawasan Tanah Lindung di areal perkotaan penting dilakukan agar kaum migrant tidak meminggirkan pemilik tanah, seperti yang terjadi terhadap orang Aborigin di Australia, Indian di Amerika, dan Betawi di Jakarta. Tanah Papua yang kaya tentunya diwariskan oleh Sang Pencipta melalui leluhur kami OAP kepada Masyarakat Adat Papua yang masih tetap ada hingga hari ini. Sehingga Pemerintahan OTSUS Papua wajib melindungi Tanah Adat OAP dengan membuat Kawasan Tanah Lindung yang didukung dengan dengan regulasi yang jelas dan tegas. Karena hanya dengan demikian, maka hak OAP atas tanah adat itu masih bisa diselamatkan untuk anak-cucu pada generasi berikutnya dan berikutnya lagi.

*Agt DPR Papua

46total visits,2visits today

Leave a Response