Now Reading
Pegawai Negeri Harus Disiplin, Loyal dan Kembangkan Diri
0

Pegawai Negeri Harus Disiplin, Loyal dan Kembangkan Diri

by adminAugust 22, 2018

Pegawai Negeri Harus Disiplin, Loyal dan Kembangkan Diri

Oleh Nason Pigay

Entah yang sudah mendapat jabatan atau tidak, PNS atau ASN ialah Sumber Daya Manusia yang siap dipakai ataupun diberdayakan kapanpun oleh Kepala Daerah yang terpilih lewat proses politik (PILKADA) dengan masa jabatan 5 tahun atau lebih.

Beberapa indikator menjadi pertimbangan dalam promosi jabatan. Ada yang dipromosi karena disiplin dan atau kemampuan kerja (kinerja), ada yang dipromosi karena pertimbangan politik, ada yang dipromosi karena hubungan keluarga, ada yang dipromosi karena pengertian atau pemerataan.

Bagi seorang PNS atau ASN diberikan jabatan ataupun tidak oleh Kepala Daerah adalah hal yang biasa bukan luar biasa.

Dengan pertimbangan apapun seorang PNS atau ASN PASTI suatu waktu (lambatpun, oleh pemimpin lainpun) akan memangku suatu jabatan, terkait dengan itu disiplin, loyalitas dan pengembangan diri serius dan senantiasa dilakukan. Karena siapapun Kepala Daerah butuh PNS atau ASN yang punya prestasi kerja untuk mewujud visi, misi dan program kerjanya.

Ada PNS atau ASN yang berpandangan setelah dapat jabatan barulah harus disiplin, loyal dan harus mengembangkan diri. Kalau tidak berjabatan berarti tidak disiplin, loyal dan tidak mengembangkan diri.

Kalau pemahaman ini menjadi prinsip kerja bagi seorang PNS atau ASN, maka pada giliran berjabatan dirinya akan menjadi PNS atau ASN yang orientasinya jabatan dan uang semata dibanding untuk menjadi pengabdi negara yang berburuh kinerja, karena tidak siap diri dengan bekal disiplin yang baik, loyalitas yang sesungguhnya dan minimnya pengembangan diri dengan pengetahuan dan ketrampilan kerja yang memadai.

Penciptaan kebaikan hidup bagi negeri dan rakyat Dogiyai, baik untuk kini maupun di masa depan di pundak PNS atau ASN dengan profesi (pekerjaan) dan TUPOKSI (Tugas Pokok dan Fungsi) yang melekat, maka itu saya berani mengajak kepada semua PNS atau ASN, entah berjabatan atau tidak dengan rendah hati “MENGABDILAH DENGAN HATI” (berdisiplin & loyal sambil kembangkan diri). Pasti Tuhan limpahkan berkat.

Waktu saya jadi Kepala Distrik Kamu Utara tidak provokasi rakyat tapi disiplin dan loyal kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode lalu (Bapa alm. Drs. Thomas Tigi & Bapa alm. Herman Auwe, S.Sos), walau perolehan suara dari pendukung kami Bapa Natalis Degei, S. Sos dialihkan kepada kedua beliau.

Ada waktu untuk bersaing dalam politik (PILKADA) dan ada waktu untuk bekerja untuk membangun. PNS atau ASN, PARA PIHAK YANG BERSAING, RAKYAT PENDUKUNG HARUS BERTANGGUNGJAWAB DALAM MEMBANGUN NEGERI DAN RAKYAT DOGIYAI ini. Soal jabatan Kepala Daerah itu sifatnya ESTAFETAN yang direbut melalui pesta demokrasi. Semoga.

*Nason Pigai, Tokoh Masyarakat dan Intelektual berpengaruh di Meuwodide.

Total Page Visits: 484 - Today Page Visits: 1

Leave a Response