Now Reading
Wanimbo Akui Wartawan Prancis Ingin Kunjungi Markas OPM di Pirime
0

Wanimbo Akui Wartawan Prancis Ingin Kunjungi Markas OPM di Pirime

by adminJuly 26, 2018

Panglima Kodap VII Organisasi Papua Merdeka (OPM) Wilayah La-Pago Jayawijaya Erimbo Enden Wanimbo mengakui, dua wartawan Prancis yang ditahan pihak Imigrasi Jayapura, benar mau wawancara pihaknya di markas Pirime, Lani Jaya.


“Iya, benar, itu Thom dan satunya seorang perempuan, mereka akan ketemu kami, mereka diutus oleh kantor OPM di Prancis, mereka adalah wartawan kami,” kata Panglima Kodap VII Organisasi Papua Merdeka wilayah Lapago Jayawijaya, Erimbo Enden Wanimbo, seperti dilansir Tempo, edisi Jumat, 8 Agustus 2014.

Dua jurnalis asal Prancis yang bekerja di salah satu stasiun televisi negara itu, Thomas Charles Tendies dan Valentine Burrot, diduga terkait dengan gerakan kelompok bersenjata di Papua. Keduanya saat ini masih diperiksa di ruang penyidikan Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Kepolisian Daerah Papua. 

Tidak Bersalah

Wanimbo mengatakan, kedua jurnalis tersebut belum sempat berjumpa dengan petinggi OPM di markasnya di sekitar Distrik Pirime, Lanny Jaya. “Mereka ditangkap di hotel di Wamena sebelum ketemu kami, mereka tidak bersalah,” ujarnya.

Harus Dibebaskan

Enden meminta kepolisian membebaskan kedua wartawan tersebut. “Kami minta lepaskan mereka, sekali lagi, mereka tidak punya kesalahan apa-apa. Mereka hanya ingin meliput, bukan dengan tujuan politik atau ada kepentingan tertentu,” ujarnya lagi. [swp/ist]

103total visits,2visits today

Leave a Response