Now Reading
Pers Adat Papua Sebuah Gagasan (Secercah Harapan dari Timur/6)
0

Oleh : Abdul Munib (Ketua PWI Provinsi Papua)

Era Informasi; Siapa Memegangnya Dia Pemenang Perang

Lain halnya dengan ungkapan, ‘’siapa memegang informasi dia akan memenagkan peperangan’. Disini tentu saja bukan sembarang informasi. Juga bukan informasi yang sudah menjadi rahasia umum. Melainkan informasi mengenai ilmu tertinggi. Dan ilmu tertinggi adalah ilmu mengenai mengenal Tuhan. Hakikat keberadaan atau kefondasian eksistensi adalah informasi atau ilmu yang dapat menyelami kedalaman wahyu ilahi.

Dalam hal lain juga bisa berarti bahwa siapa mengetahui tentang musuh lebih banyak, dia berpeluang untuk menyerangnya dari berbagai arah, dan memperoleh kemenangan. Makanya dalam hal ini perang selalu didahului dengan perang intelejen. Satelit pemantau, kamera rekam mini dan alat canggih lain dibuat untuk mengetahui detail musuh.

Dalam makna perang pasar, kekuatan informasi bia berupa hasil survei yang dapat mengetahui secara detail keinginan para pelanggan. Dan siapa yang memegang data survei paling mendekati kebenaran dia bakal menjadi pebisnis yang unggul.

Demikianpun dalam politik pemilihan langsung. Surveier yang hasil kerjanya akurat, margin erornya tipis, akan laris dipakai jasanya oleh para calon pemimpin. Sehingga langkah-langkah seorang calon pemimpin bisa dipandu pemilik jasa survei, untuk pada hari H dia adalah pemilik suara terbanyak.

Dalam urusan survival kehidupan informasi dari teknologi tepat guna yang sederhana, bisa disebarkan kepada masyarakat untuk mengatasi kesulitan mereka.

99total visits,2visits today

Leave a Response