Now Reading
Sitou Timou Tumou Tou Artinya Manusia Hidup Untuk Memanusiakan Orang Lain
0

Sitou Timou Tumou Tou Artinya Manusia Hidup Untuk Memanusiakan Orang Lain

by adminDecember 28, 2017
BERJALAN-JALAN di kota Manado tidak membosankan. Jalanan yang bersih, tata letak kota dan pantai yang indah adalah bagian dari pemandangan kota Manado, Sulawesi Utara. Nyiur Melambai, begitulah julukan kota manado.
Kota Manado kini tengah menjadi sosotan dunia karena wisata alam bahari yang eksotis dan mempesona. Seiring dengan keinginan Pemerintah Kota Manado untuk berkembang sesuai ekspektasi pariwisata lokal dan dunia.
Masyarakat Sulawesi Utara menganut filosofi Dr. G.S.S.J Ratulangi yaitu “Sitou Timou Tumou Tou” artinya “Manusia Hidup Untuk Memanusiakan Orang Lain”. Falsafah inilah yang diimplementasikan oleh berbagai gerakan pembangunan di kota Manado.
Swarapapua.com ketika mengantar pasien ke RSUP Prog Dr. R. D. Kandou (12/9) sempat mengurus Askes untuk meringankan biaya pengobatan. Kamipun mendapat berbagai penjelasan tentang pelayanan Askes dan kebijakan pemerintah Provinsi Manado dengan mengangkat falsafah Sam Ratulangi tersebut.
Faktor utama kebijakan tersebut adalah biaya pengobatan yang semakin tak terkontrol disertai arus kemajuan pembangunan bahari kota Manado, Bunaken, dimana pelancong dari berbagai negeri tak henti berbanjiran di kota Manado. Dalam kondisi arus ini, kesigapan pemerintah di bidang transporasi dan akomodasi, termasuk keamanan dan kesehatan harus sebanding, agar masyarakat lokal dan mancanegara merasa seperti di rumahnya sendiri.
Dalam rangka itu, PT Askes KC Manado dalam pelayanan kepada masyarakat tidak membeda-bedakan umur dan status sosial. Filosofi Ratulangi sejalan dengan apa yang dilakukan PT Askes (Persero) dalam menjalankan core bussines-nya. Bahwa setiap manusia yang datang adalah manusia juga yang sama seperti kita, punya hati dan rasa, maka harus dilayani selayaknya seorang manusia.
Kepala PT Askes (Persero) KC Manado, drg. Betsy M.O. Roeroe diruang kerjanya menjelaskan, “Kerja sama dengan PT Askes (Persero) Cabang manado, saat ini sudah terjalin dengan baik mulai dari Pemda, Dinkes, maupun provider, tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten / kota. Termasuk stakeholder. Dengan kerja sama ini, kami tetap mengharapkan perhatian dari semua pihak, termasuk pers untuk mensosialisasikan kebijakan Askes dan Pemerintah Daerah di Manado”, ujar dokter gigi ini sambil tersenyum.
“Diperlukan komitmen yang tinggi untuk menjalankan dan meningkatkan kinerja pelayanan semaksimal mungkin”, urainya sambil mengatakan, tanpa komitmen yang tinggi, semua kebijakan dan harapan akan sia-sia.
Dijelaskan pula himbauan Gubernur Sulawesti Utara, S.H. Sarundajang agar kerja sama yang telah dibuat dalam bentuk MoU dengan PT Askes tetap dipertahakan untuk meningkatkan pelayanan dalam memberikan kontribusi positif  bagi daerah serta mampu menciptakan kehidupan yang sehat.

2676total visits,4visits today

Leave a Response