Now Reading
Mengenal Upacara Adat Rakeho Suku Kulawi, Sulawesi Tengah
0

Mengenal Upacara Adat Rakeho Suku Kulawi, Sulawesi Tengah

by adminDecember 28, 2017
RakehoΒ adalah salah satu upacara menyambut peralihan dari masa remaja ke masa dewasa.Β DilaksanakanΒ bagi seorang laki-laki,Β olehΒ ntodeaΒ (orang kebanyakan) diΒ Suku Kulawi, Sulawesi Tengah. Upacara ini tidak berlaku bagi anak perempuan.RakehoΒ mempunyai pengertian meratakan gigi bagian depan atas dan bawah serata dengan gusi.
Maksud dari upacaraΒ RakehoΒ tidak hanya untuk mencari keselamatan, akan tetapi juga berdasarkan atas motivasi tradisi setempat. Bila seseorang pria benar-benar telah menjelang dewasa maka segeralah diselenggaraan upacara ini. Penyelenggaraan upacara ini juga untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak dikehendaki atau hal yang dapat menimbulkan kasus pertengkaran suami isteri.
Waktu penyelenggaraan upacaraΒ Rakeho diΒ Suku KulawiΒ tidak terikat kepada suatu perhitungan waktu, hari ataupun bulan. Hanya saja pelaksanaan upacara rakeho biasanya digelar pada saat siang hari. Upacara ini biasanya dikaitkan dengan ada atau tidaknya kesempatan atau kemampuan orang tua yang hendak menyelenggarakan. Menurut tradisi setempat, waktu pelaksanaan upacara ini biasanya dilangsungkan sesudah panen, jika panen berhasil. Pertimbangannya adalah bahwa sesudah panen orang tua sudah mempunyai kemampuan untuk melaksanakan upacara adat ini.
Tempat penyelenggaman upacaraΒ RakehoΒ tidak berbeda dengan tempat penyelenggaraan upacaraΒ ratompo,Β yakni dipilih tempat-tempat tertentu, seperti; di bawah pohon yang besar yang jauh dari keramaian. Sering kali tempat upacara telah disiapkan olehΒ pihakΒ orang tua, seperti sebuah rumah yang sudah dikosongkan dan letaknya agak terpencil, jauh dari keramaian.
Dalam upacaraΒ RakehoΒ hanya ada seorang penyelenggara teknis, yaituΒ topekehoΒ (dukun) yang sudah mempunyai keahlian khusus dalam menggosok gigi (pengikir gigi).TopekehoΒ dipilih berdasarkan keahlian yang sudah diturunkan atau telah dimiliki seseorang secara turun temurun.
Total Page Visits: 1043 - Today Page Visits: 2

Leave a Response